Kamis, 04 Desember 2008

visi dan Misi

visi

Berdasarkan permasalahan pembangunan yang harus dihadapi dalam kurun tahun 2006 – 2010 mendatang tersebut, nampak bahwa isu utama pembangunan daerah adalah adanya gejala akhlaq mulia yang menurun dan sendi moral agama yang melemah di kalangan masyarakat dan birokrasi sehingga menjadi ancaman bagi upaya pembangunan daerah dalam rangka menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Berangkat dari isu tersebut, maka VISI kami tahun 2006 – 2010 adalah : “Terwujudnya Perubahan Kabupaten Sukabumi menuju Masyarakat yang Berakhlaq Mulia, Produktif dan Sejahtera”.Akhlaq Mulia merupakan standar perilaku yang merujuk pada suri tauladan Nabi Muhammad SAW yang memiliki 4 (empat) sifat utama yaitu :
  • Jujur (SHIDDIQ)
  • percaya (AMANAH)
  • cerdas (FATHONAH)
  • komunikatif(TABLIGH)
Dengan standar perilaku demikian diharapkan seluruh stakeholders di Kabupaten Sukabumi dapat mewujudkan kesatuan gerak langkah sehingga tercipta masyarakat yang berakhlaq mulia tersebut sebagai landasan utama pembangunan daerah.Produktif adalah kata sifat yang mengandung makna selalu menghasilkan atau memberi nilai tambah positif.

Dengan sifat demikian diharapkan akan mendorong SDM yang dimiliki oleh Kabupaten Sukabumi agar senantiasa produktif dalam mengolah dan mengelola Sektor Unggulan (Basis) yang dimiliki dengan didukung penerapan dan penguasaan Teknologi Tepat Guna yang tinggi dan ketersediaan Infrastruktur yang memadai. Melalui penciptaan SDM yang produktif diharapkan dapat menciptakan produktivitas daerah yang pada gilirannya menciptakan produktivitas Nasional.

Sejahtera adalah kondisi masyarakat yang tercukupi kebutuhan lahir dan batinnya, atau bila diukur dengan ukuran Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berkisar pada angka 80 – 100. Apabila pembangunan daerah sudah dilandasi oleh adanya kesatuan gerak langkah masyarakat yang berakhlaq mulia dan produktif, kesejahteraan masyarakat akan dengan sendirinya dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu.


Misi

Sejalan dengan VISI di atas, maka ada (tiga) MISI Utama akan menjalankan yaitu :
Meningkatkan Kualitas SDM yang Berakhlaq Mulia.
Memantapkan Kinerja Pemerintahan Daerah
Menumbuhkembangkan Perekonomian Daerah yang Bertumpu pada Sektor Unggulan (Basis) dan Perekonomian Rakyat.

Tidak ada komentar: